Selasa, 01 Maret 2011

Kertas Selama 6 Tahun itu Berharga 100Ribuan

Selama 6 tahunan bergelut jadi mahasiswa, banyak kertas dan buku yang terlibat dalam keseharianku. Membuat makalah butuh kertas, buat dsc (*dental study club) butuh kertas, buat laporan butuh kertas, buat corat coret aja juga butuh kertas. Kertas-kertas tadi juga ada yang berbentuk buku tulis, dsc yang udah dijilid rapi, kertas hasil print yang gagal, majalah lama yang udah gak dibaca, kertas transkrip nilai, de el el.

Saat packing buat pindah, harus tega memutuskan membuang semua kertas-kertas itu terutama dsc yang udah dijilid rapi. Teringat saat ngumpulin dsc tiap episode, ngeprint sampulnya, dan akhirnya ke tempat foto kopi buat njilidin 3ribu/dsc, jadi sayang kan mbuangnya. Tapi kalau dipikir-pikir lagi ke depannya, kayaknya klo gak dibuang juga buat apa, menuh-menuhin rumah ntar, dan kemungkinan besar ga akan aku baca lagi. Kalau buku sih emang aku simpen. Jadi akhirnya aku mbuang segepok dsc rapi dari mata kuliah kayak kedokteran dasar (biokim, anatomi, pat.anatomi, pat.klinik, ilmu mata, ilmu jiwa, faal, histologi), ada juga buku/dsc sosiologi, kewarganegaraan, komunikasi, fisika, kimia, biologi. Buku kedokteran gigi dasar juga ikut terseleksi, aku buangin dsc teknologi ked gigi, anestesi, dental anatomi. Bagi yang gak disebut, artinya mereka lolos seleksi alam n tetap kusimpan. Chukae (*congrats),,

Dan dari kesemua itu, numpuklah kertas2 n buku2 yang kalah seleksi alam tadi. Aku memutuskan untuk menggadaikan di suatu penadah kertas.Tapi dimana? Dulu pernah sih aku ngiloin kertas karena kebetulan ada mbah-mbah lewat kos yang emang ngiter buat beli kertas bekas. Tapi harga yang dia tawarkan hanya Rp.1000/kg, dan timbangan yang dia bawa juga ga meyakinkan (timbangan bayi posyandu). Tapi gak papa, buat bantu ibunya. Tapi aku gak pernah nglihat ibunya datang lagi ke area kosku.

Aku mencari tempat lain, dan dapat info dari temanku tentang lokasi untuk jual kertas2 bekas di Jogja, di daerah Jombor. Jadi dari jalan masuk terminal Jombor (gapura Jombor), terus aja, sampai sebelum tempat jual sate yang terkenal itu, di kanan jalan. Tempatnya kayak gudang, ada beberapa truk besar parkir di depannya, ngangkutin kertas n kardus.

Sebelumnya, aku udah diberitahu temenku tadi untuk nyortir kertasnya terlebih dahulu dari rumah. Dipisahkan antara kertas putih n kertas campur. Kertas putih itu kayak kertas fotokopian, kertas ngeprint, kertas dsc, kertas hvs gitu deh. Kertas campur itu bisa kertas buram, kertas licin, sampul buku, majalah, buku komik, buku tulis. Jadi kalau ada dsc dari kertas putih tapi udah dijilid, mendingan sampulnya dicopot, biar isinya diitung kertas putih, kalau gak, malah dihitung sebagai kertas campur yang harganya lebih murah. Aku dengan semangat nyortir, nyobekin sampul sampe keringat mengucur deras di hari yang sumuk itu.

Setumpuk kertas berkilo-kilo udah diangkut di dalam mobil. Siap meluncur ke lokasi, ditemanin pacar.

Sampai di tempat penadah kertas di Jombor itu, kertas-kertas yang udah takpisahin, langsung ditimbang berdasar jenisnya. Mbak-mbak yang njaga disitu juga udah gak meriksa detailnya, mungkin dianggap aku udah biasa nggadaiin kertas dan udah tahu aturannya karena melihat kertasku yang sudah disortir. Plus gayaku yang hap hap hap meyakinkan dan gak canggung. Hohoho.

Timbangan yang dipake kayak timbangan buat nimbang karung beras. Setelah ditimbang, hasilnya, kertas campurku beratnya 18 kg + kertas putih beratnya 34 kg. Jadi totalnya 52kg. Wow, banyak juga ya. Padahal awalnya aku mengira keseluruhan beratnya cuma 20kg'an lho. Bangga (?)

Mbaknya ngasih kertas hasil timbangan tadi, dan aku disuruh ke kasir buat dihitung n ngambil uangnya. Dan eng ing eng aku dapet Rp.100.700,-. Jadi rinciannya, kertas putih dihargai Rp.2300/kg dan kertas campur Rp.1250/kg. Alhamdulillah.

Di mobil saat perjalanan pulang, aku senyum-senyum bahagia melihat uang biru 50.000 dua lembar, sampe pacarku jadi geli lihat aku. Hasil keringatku sendiri, dalam artian sebelumnya. Hehehe.

*pict taken from noviaji14.blogspot



UPDATE : 
Satu tahun kemudian aku kembali ke kota Gudeg buat melanjutkan studiku. Dan akhirnya setelah 2,5 tahun studi, berulang lagi ritual jualin kertas bekas. Tapi tempatnya berbeda, walau masih dalam satu area Jombor, yaitu di U.D Sregep, bigger place, better service. Link ceritanya klik disini.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Punya kgakaknya gak mba?kira2maujemputmaujemput gak ya?

Andin mengatakan...

Kayaknya harus datang langsung ke tempatnya..
Untuk UD sregep kayaknya bisa tapi mungkin kuantitinya besar yaa..

mas top mengatakan...

INFO PENTING:
rumah kertas amanah jogja SIAP JEMPUT kertas bekas anda dalam skala kecil maupun besar.100% aman kertas untuk di lebur buat daur ulang.wa 085642184271 ato klik aja. makasih
https://api.whatsapp.com/send?phone=6285642184271

mas top mengatakan...

rumah kertas siap beli kertas bekas anda 1700-2000 perkilo.

mas top mengatakan...

http://bit.ly/jualkertas