Rabu, 20 Mei 2009

Sharing ni setelah lama g sharing..

Wuah, dah lama bgt ga nulis lagi, padahal rencananya mau update perjalanan hidup selama koass.

Sejak masuk koass, udah lab bedah mulut (BM) dan Oral Medicine (OM) yang udah dilewati..

Sekarang lagi berjuang di lab Konservasi n Prosthodonsi.

Di konser itu kerjaannya salah satunya nambal gigi. Di sini enaknya banyak pasien yang datang sendiri, jadi ga harus nyari di gang-gang n kampung-kampung kayak di lab BM. huhuhuhu :'( Tapi ada kasus wajib yang harus dikerjain demi lolos lab ini, jadi harus ngerjain kasus PSA, tumpatan resin komposit klas 4, n mahkota jaket. Hmmm, bagi orang awam mesti pada keriting alisnya (apaaaan tuhh??)... --> Males ah njelasin, hoho bukan blog yang informatif ya ^^. Ya muuph.

Kalau di Prostho, ada 4 kasus yang harus diburu,, such as:
1. Full denture alias ompong sempurna
2. Partial denture alias ompong cuma beberapa gigi aja
3. Free end alias ompong gigi belakang (geraham)
4. Fixed denture alias ompong 1 gigi tapi gigi palsunya dipasang secara permanen..
Yang paling susye ya yg no 4 itu, secara itu yang paling muahaalllll,,, huaaa. Nama kerennya crown n bridge, jadi prinsipnya : gigi tetangganya harus ikut dikurangi sebagai gigi pegangan, tapi ntar juga tetap dikerudungi ma mahkota gigi buatan, pokoknya kayak asli deh.. Bingung?? Jangan dunk.. Hehe, ni aku kasih ilustrasinya....




Semoga ada orang yang sadar akan kebutuhan estetik giginya dan mau dipasang crown n bridge,, hubungin aku... hehehe tapi serius .(andin_03@yahoo.com)

...

Pertama kali nambal gigi, prosedur awal yg harus dilalui adalah mengebur gigi... (backsounds: ngiiiiiinng,,, suara bur yang imejnya dah lekat bgt ma dokter gigi n yang paling mbuat pasien ngeri ma profesi itu) Hmmmm, awalnya ga biasa n ragu-ragu,,, pelan2,, lama deh jadinya.... ^^
Tapi seiring waktu, insya Alloh better. Kan learning by doing... practice makes perfect .... Yang setuju angkat tangan??? (hohoho)..
Tapi menambal gigi itu menyenangkan lho, karena puas rasanya bisa memperbaiki kondisi gigi yang awalnya berlubang n menghitam karena caries tapi setelah ditambal bisa seperti gigi asli n bisa mengembalikan kePDan pasien. Alhamdulillah n Amiinn... Itu kan harapan pasien n dokter gigi..

Tidak ada komentar: