Sabtu, 11 Juli 2009

Perasaan yang nyabut VS Perasaan yg dicabut giginya


Hmm, udah hampir 1,5 bulan aku menjalani kehidupan berdarahku di stase Bedah Mulut. Ngrasain nyabut gigi orang, dari yang susah, mpe yang susah banget. He, kapan dong yg gampang? Yang gampang sebenernya malah pasien pertamaku, secara dia giginya tinggal 1, jadi enak nggerakinnya, gak nyenggol-nyenggol gigi laen. Udah resesi juga. Cuma 1 menit, mak tul copot deh tu gigi!!! ;P

Seingetku aku ga pernah tuh dicabut giginya dalam keadaan bius lokal. Kalau dalam keadaan bius total pernah satu lai, tapi langsung 9 gigi hilang, ada yang mau nyoba? Hehehe. Jadi bisa dibilang aku ga tau deg2annya atau sakitnya dicabut gigi. Klo disuntik buat dibius si udah pernah beberapa kali.

Trus, tadi aku baca2 blog punya anak koas KG dari universitas laen yang cerita tentang pengalaman mereka nyabut gigi. Ternyata sama aja, semua pasti tetep ngrasa grogi awalnya. Trus aku baca juga pengalaman orang yang dicabut giginya. Ada yg bilang, klo pas di’bein’ tu bunyinya krek krek gitu, mungkin bunyi lepasnya perlekatan gigi ma jaringan periodontalnya (jaringan yang melekatkan gigi ke tulang), kedengeren banget di telinga pasien apalagi pas dah mulai di goyang pake tang. Hmm, jadi tau sedikit gimana perasaan mereka..

Pengalamanku :

1. Dibalik masker, pas lagi nyabut gigi, mulutku dah komat kamit berdoa biar giginya mau kecabut. Dibalik masker juga, aku bisa gak ketahuan kalau meringis pas ada pasien dengan bau mulut yang aduhai,,

2. Tangan yang super pegel karena proses yang cukup lama dalam menggoyang gigi.. Auwww,,,

3. Keringat yang mulai mengucur. Dimulai dari saat nyuntik bius..N dilanjutin klo giginya susah dicabut,, Mpe akhirnya aku beli wrist band buat nyeka keringat. Masih malu sih makenya, emangnya mau nyabut gigi atau mau olahraga? KeDUANYA doonggg,, ^^

4. Kenapa klo nyabut akar gigi poinnya malah cuma 1, padahal ada akar yang nyabutnya juga susyeee gileee!!! Harusnya poinnya 1 per akar, bukan 1 per gigi. Jadi klo molar 1 atas akarnya 3, poinnya juga 3 dooong.. (ngimpi,,,,,) hehehe.

5. Pengalaman cari pasien. Hmmmm, sungguh2 melatih rohani n mental dech. Kapan2 lah aku tulis pengalaman cari pasien yg lebih lengkap.

Tidak ada komentar: