Kamis, 24 September 2009

Akhirnya dapet juga pasien GTC

Di postingan sebelumnya aku pernah nulis tentang kriteria kasus di lab prostho, salah satunya GTC, the most expensive one!

Akhirnya, di akhir siklus, aku mulai mengerjakan pasien GTC ku. Namanya pak Ari Permana. Gigi yang kukerjakan adalah geraham atas kanan atau molar satu. Dari posisi giginya, dah kebayang susyenya aku bakal preparasi gigi tersebut. Ga segampang gigi depan atau gigi bawah. Tapi ya udah, dapetnya juga itu, dianggap tantangan ajah.

Perkiraanku, ngerjain preparasi (ngurangin gigi tetangga sebagai gigi pegangan) bakal cepet. Tapi tyta cukup lama.

Awalnya masih takut-takut n ditunjang dg posisi gigi yang pemalu di bagian belakang sehingga butuh retraksi pipi yang ekstra. Rasanya sayang gigi bagus kok dikurangin, jadi nguranginya masih dikit. N alhasil acc dosen jadi ga dapet secara masih kurang preparasi giginya. Yawda aku mulai beringas dalam mengurangin giginya, n yippie acc juga. Ga sia-sia punggung, tangan, n leherku yang kemeng selama ini.

Oh ya, salah satu kesulitannya, pak Ari ini orangnya gampang banget sariawan. Beliau cerita, dalam seminggu pasti ada sariawan. Mpe beliau udah kebiasa. Apa kena RAS ya? (Recurent Apthous Stomatitis). Jadi juga karena kena kaca mulut, besoknya sariawan. Setelah kucetak rahangnya, besoknya sariawan. Aku retrak pipinya, besoknya juga sariawan. Kasihan bgt lah. Mpe udah aku kasih obat sariawan plus redoxon lho! Bahkan pas gigi tiruannya jadi, waktu pemasangan jadi mundur karena lagi sariawan itu. Hehehe. Gak pa pa mundur drpd pas dipasang malah nyenggol sariawannya, pasti perih bgt kan. Huhuhu.

Tapi alhamdulillah pak Ari tu orangnya sabar n kooperatif bgt. Kita partner banget deh dalam proses pembuatan GTC ini. Makasih ya pak.

Sekarang pak Ari udah make GTCnya, n alhamdulillah hasilnya memuaskan. Semoga bermanfaat ya pak. Amiin. C;

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Syukurlah. Hehehe